Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Beberapa Tips Umroh untuk rombongan keluarga

Kategori : Tips, Ditulis pada : 09 Oktober 2022, 06:07:34

tanah suci.png

Tips Umroh untuk rombongan keluarga


Bagi setiap umat Islam, perjalanan umrah adalah impian mulia. banyak hal manfaat dalam menjalankan ibadah umroh, yaitu Anda akan menjadi 'tamu di rumah Allah di kota Mekkah serta Madinah, beribadah dengan tenang di Masjidil Haram, mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendapatkan pahala berlipat ganda, sholat di tempat yang mujarab, berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keutamaan yang akan Anda dapatkan.


Apalagi jika bisa dilakukan bersama keluarga terdekat akan lebih menyenangkan. Rasakan nikmatnya beribadah di Baitullah bersama orang tua, suami atau istri, bahkan bersama anak. Tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan agar perjalanan umroh bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan.

Nah, bagi Anda yang ingin menunaikan umroh bersama keluarga, berikut ini akan kami bahas beberapa tips mempersiapkan umroh bersama keluarga. Yuk, simak selengkapnya!


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah niat untuk umrah. Tentunya Anda harus berkomunikasi dengan anggota keluarga agar sama-sama berniat untuk berangkat umroh. Niat yang sama akan semakin mewujudkan impian Anda untuk bisa beribadah umroh bersama keluarga.

Bayangkan, jika hanya Anda yang berniat umroh, sedangkan keluarga Anda belum memiliki niat umroh. Ingat, pergi beribadah di tanah suci bukan hanya soal kesiapan materi, tapi juga kesiapan mental. Dan Allah hanya 'mengundang' hamba-hamba-Nya yang sudah memiliki dua persiapan ini.

Jadi, cek apakah kamu dan keluarga punya niat yang sama untuk umroh, ya!

Pesiapan Dana

Adalah Niat saja tidak cukup maka perlu usaha yaitu siapkan sejumlah dana yang bisa mengantarkan Anda dan keluarga mendaftar umroh. Apalagi jika ada dua orang atau lebih yang berangkat, semakin banyak jumlah keluarga yang ikut, maka biaya yang harus dikeluarkan juga akan bertambah. Jadi, Anda perlu menganggarkan untuk persiapan biaya tersebut.

Misalnya dengan menabung umroh. Hitung berapa anggaran dana yang dibutuhkan untuk bisa berangkat umroh bersama keluarga. Jika rata-rata biaya pendaftaran umroh sekitar 25 juta rupiah, tinggal menghitung jumlah anggota keluarga yang mendaftar. Anda bisa memilih paket umroh keluarga yang bisa menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.

Tentu saja, Anda bisa mencoba menabung sebanyak mungkin untuk umroh terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan upaya dan keikhlasan Anda kepada Allah untuk diberdayakan untuk melakukan umrah. Bukankah Allah Maha Mencukupi? Sudah banyak cerita, bagaimana Allah memberikan kemampuan kepada siapa saja yang Dia ajak ke Baitullah. Dan berapa banyak orang yang benar-benar mampu membelinya, tetapi tidak pernah pergi umrah?

Dokumen yang Lengkap
Semakin banyak anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan umroh, semakin banyak pula dokumen yang harus Anda urus. Sebaiknya, cari informasi dan catat dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai calon jemaah umroh. Anda bisa mencari informasi lebih lanjut di internet, atau bertanya pada biro perjalanan umroh yang terpercaya.

Mengapa Anda perlu menulis dokumen yang diperlukan? Sehingga Anda tidak perlu bolak-balik saat mengurus dokumen Anda dan keluarga. Tulislah checklist yang memudahkan Anda untuk mengecek apakah dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap atau belum. Anda juga perlu membuat paspor jauh-jauh hari, karena itu juga membutuhkan waktu. Persiapan yang matang akan memudahkan Anda dan keluarga untuk menjalankan umroh dengan lancar.

Jaga Kondisi Kesehatan
Kesehatan fisik sangat penting untuk diperhatikan, sebelum melakukan umroh bersama keluarga. Karena sebagian besar kegiatan, baik itu rukun atau ibadah lainnya di tanah suci, adalah ibadah fisik yang membutuhkan kondisi tubuh yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Mekkah-Madinah, dan sebagainya yang juga membutuhkan tenaga.


Tidak hanya kesehatannya sendiri, tetapi setiap anggota keluarga perlu dipastikan kondisi kesehatannya. Cari tahu apakah ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit, alergi, atau penyakit yang kambuh sehingga anggota keluarga lain yang ikut dapat mengantisipasinya. Alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan tenaga medis dan memeriksakan kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh sebelum berangkat umroh.

Jadwal Umroh yang Pas
Karena jadwal kegiatan yang berbeda, seperti orang tua yang harus bekerja, anak-anak pergi ke sekolah, dan sebagainya, maka perlu untuk memilih waktu yang tepat untuk pergi umrah bersama keluarga. Jangan sampai waktu berbenturan, sehingga aktivitas utama terabaikan.

Anda dapat memilih waktu seperti liburan sekolah anak saat kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan sesudah musim haji (agar tidak terlalu ramai) atau selama bulan Ramadhan. Jadwalkan waktu khusus yang disepakati untuk dibagikan oleh semua anggota keluarga.

Pesiapan Kebutuhan Barang Barang
Nah, jika kesiapan dokumen sudah lengkap, saat pelaksanaan umroh juga sudah ditentukan, saatnya Anda menyempatkan diri untuk membuat daftar barang kebutuhan Anda dan keluarga. Saat menata barang bawaan pasti terlihat seperti segala sesuatu yang perlu dibawa. Sehingga Anda tidak menyadari bahwa barang yang Anda bawa sangat banyak bahkan tidak muat melebihi kapasitas bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, kamu harus serius memikirkan urutan barang-barang penting yang kamu bawa. Bawalah yang penting saja, ingatlah bahwa anda bukan musafir permanen tetapi hanya bepergian untuk umroh. Lihat berapa banyak bagasi yang disediakan untuk Anda. Juga pertimbangkan bahwa ketika Anda kembali dari tanah suci, Anda akan membutuhkan ruang jika Anda membeli oleh-oleh Arab untuk dibawa pulang.

Rajin Berdoa

Tips yang juga tidak kalah penting adalah banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar impian Anda bisa terwujud untuk bisa menunaikan umroh ke tanah suci bersama keluarga. Tugasmu adalah terus berusaha, tapi Allah berhak menentukan apakah kamu layak beribadah di rumah Allah sebagai tamu-Nya.


Tidak cukup hanya dengan berdoa, bentuk ikhtiarmu juga bisa dengan sering-sering bersedekah agar Allah memudahkan urusanmu. Sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan ibadah umroh. Yakinlah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang serius dalam menjalankan ibadah.

Itulah beberapa tips persiapan umroh bersama keluarga yang bisa Anda lakukan. Semoga bisa menguatkan niat dan menambah semangat dalam menjalankan ibadah ke Baitullah bersama orang tersayang

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id