Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Tempat -Tempat di Masjidil Haram dan Apa Saja Fungsinya Secara Singkat

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 29 November 2022, 09:49:22

Tempat -Tempat di Masjidil Haram dan apa saja fungsinya secara singkat. Makkah adalah sebuah kota di wilayah Hijazi Arab Saudi. Kota ini terletak 70 km kea rah timur dari Jeddah, 340 kilometer selatan Madinah.

Ini adalah tempat kelahiran Nabi kita Nabi Muhammad (SAW). Mekkah adalah rumah bagi Ka'bah, salah satu tempat tersuci Islam dan arah sholat umat Muslim, dan karenanya Mekkah adalah sebagai kota tersuci dalam Islam.

Beberapa tempat yang ada di masjidil Haram antaralain adalah:

Tempat -Tempat di Masjidil Haram

1. Masjidil Haram

Masjid Agung Mekah, umumnya dikenal sebagai al-Masjid al-Ḥarām. Adalah sebuah masjid yang mengelilingi Ka'bah di kota Mekah. Letaknya di wilayah Hejazi Arab Saudi.

Jamaah haji dan Umrah sebaiknya menghabiskan waktu beribadah disini, pahalanya hingga 100 ribu kali.

2. Kabah

Ka'bah adalah bangunan yang sudah ada sebelum agama Islam, ditahbiskan kembali oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 631-32 M. Kini, terdapat beberapa renovasi, batu granit, penutup darai tirai sutra tebal dan kaligrafi dengan benang emas dan perak.

Pada dasarnya, ziarah ke tempat suci adalah prinsip inti dari hampir semua agama. Ka'bah, yang berarti kubus dalam bahasa Arab, merupakan bangunan kubus yang kini ditutup dengan kain sutra hitam yang indah dan tebal.

Kabah adalah tempat suci paling suci dalam Islam. Setelah tahun 624 M, Nabi SAW mendapat wahyu untuk mengganti arah kiblat ke ke Mekah dan Ka'bah dan tidak lagi ke Yerusalem. Arah ini—atau kiblat dalam bahasa Arab kini tandanya ada di semua masjid dan memungkinkan umat Islam mengetahui ke arah mana mereka harus sholat.

Untuk melakukan tawaf, kita tidak harus menggunakan atau berada dalam keadaan Ihram. ( kecuali jika merupakan rangkaian untuk memulai Umrah atau Haji ). Kita bisa melakukannya sewaktu – waktu dengan baju biasa. Selama memenuhi syariat.

Tetapi, kita harus dalam keadaan berwudlu dan suci. Jika batal, harus berwudlu Kembali. Untuk jumlah putaran, 7 putaran adalah 1 tawaf. Jadi, 2 kali Tawaf adalah 14 putaran dan selanjutnya. Untuk jumlah maksimal, tentu tergantung niat dan kemampuan Anda melakukannya.

3. Hijr Ismail

Adalah tempat mustajab untuk berdoa. Seperti berdoa di taman surga. Lokasinya di dalam setengah lingkaran di utara Kabah. Anda bisa meluangkan waktu untuk antre dan sholat disini atau berdoa. 

4. Safa dan Marwa

Safa dan Marwa adalah dua bukit kecil yang sekarang letaknya juga ada di dalam kompleks Masjidil Haram. Ini adalah tempat dimana umat Muslim melakukan Sa’I atau perjalanan bolak-balik sebanyak tujuh kali, selama menunaikan ibadah Ḥaji dan ʿUmrah.

Untuk melaksanakan Sa’i, kita perlu berada dalam keadaan Ihram. Dan, sebelumnya juga didahului dengan Tawaf.

5. Hajar Aswad

Hajar al-Aswad (Batu Hitam). Letaknya di sudut timur selatan Ka'bah. Tawaf dimulai dan diakhiri dengan menghadap batu ini. Hajar Aswad adalah tempat yang hampir selalu terjadi antrean untuk mencium Hajar Aswad. Tentunya pada saat tempat ini tidak ditutup untuk perawatan atau alas an lainnya.

6. Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim mengacu pada batu tempat Nabi Ibrahim AS berdiri saat dia membangun Ka'bah. Saat Nabi Ismail AS memberikan batu kepada Nabi Ibrahim AS dan saat Nabi Ibrahim AS terus meletakkannya di tempatnya, Maqam Ibrahim secara ajaib terus naik semakin tinggi saat tembok naik. Allah ( ﷻ ) meninggalkan jejak jejak kakinya di atas batu sebagai pengingat bagi orang-orang beriman di antara keturunannya.

Tempat ini juga tempat mustajab untuk berdoa. Juga untuk sholat 2 rakaat. Jadi, minimal sempatkan berdoa disini jika memiliki hajat. Untuk sholat, memang sulit dilakukan karena tempatnya dilewati mereka yang melakukan Tawaf.

Beberapa tempat lain yang terkenal, Sumur Zam – Zam dan juga rumah Nabi Muhammad SAW. Yang terakhir ini letaknya memang di luar kompleks Masjidil Haram. Tetapi, bisa juga Anda kunjungi dengan mudah.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id