Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Tentang Kota - Kota Yang Kita Kunjungi Pada Saat Haji dan Umrah

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 09 Desember 2022, 15:19:47

Ada beberapa kota yang biasanya kita kunjungi pada saat menjalankan Haji dan Umrah. Yang pasti, adalah Kota Mekkah dan Madinah. Tetapi, mungkin juga Kota Jeddah. Semua tergantung jadwal dan pengaturan perjalanan kita. Karena, pada saat Haji, maka transportasi udara juga menjadi sangat padat.

Kota - Kota Yang Kita Kunjungi Pada Saat Haji dan Umrah

1. Makkah

Mekah, juga dikenal sebagai Makkah, adalah sebuah kota di Arab Saudi barat dan kota suci dalam Islam. Ini adalah tempat kelahiran nabi Muhammad, dan merupakan tujuan ziarah Islam tahunan yang dikenal sebagai Haji. 

Salah satu kisah paling terkenal yang terkait dengan Mekah adalah kisah Ka'bah, tempat tersuci dalam Islam. Jadi, Ka'bah dibangun ulang oleh Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. Ka'bah adalah sebuah bangunan besar berbentuk kubus yang terletak di pusat kota, dan menjadi arah tujuan Sholat umat Islam di seluruh dunia.

Di sini ada kopleks Masjidil haram. Di dalamnya ada Kabah, Hajar Aswad dan juga bukit Safa dan Marwa. 

Tempat ini menawarkan beberapa tempat berdoa dan beribadah yang makbul atau lebih utama dari lainnya. Misalnya, di antara Maqam Ibrahim dan juga di Hijir Ismail.

Mekah memiliki sejarah yang kaya dan telah memainkan peran penting dalam perkembangan Islam. Di luar waktu resmi rangkaian ibadah haji dan Umrah, biasanya biro Umrah dan haji plus juga akan melakukan tour wisata di sekitar makkah.

2. Madinah

Madinah adalah sebuah kota di Arab Saudi barat, yang terletak di Wilayah Al Madinah. Ini adalah kota tersuci kedua dalam Islam, setelah Mekah.

Letaknya di sebelah utara Makkah. Kota ini adalah rumah bagi Masjid Nabawi, yang merupakan tempat pemakaman nabi Islam Muhammad, dan merupakan tujuan penting bagi para peziarah yang mengunjungi kota ini pada saat beribadah Haji atau Umrah.

Meskipun begitu, Kota Madinah bukan tempat untuk menjalankan Haji dan Umrah secara langsung. Mungkin, hanya untuk mengambil Miqat atau berniat Haji dan Umtah saja. Itupun, tidak untuk semua Jamaah.

Salah satu kisah paling terkenal yang terkait dengan Madinah adalah Pertempuran Parit yang terjadi pada tahun 627 Masehi. Selama pertempuran ini, nabi Muhammad dan para pengikutnya menghadapi pasukan besar prajurit Mekah yang berusaha mengepung kota.

Untuk mempertahankan Madinah, nabi Muhammad dan para pengikutnya menggali parit di sekitar kota, yang terbukti menjadi tindakan pertahanan yang efektif. Tentara Mekkah tidak dapat menembus parit tersebut, dan setelah pertempuran yang panjang dan sulit, mereka akhirnya terpaksa mundur. Kemenangan ini merupakan titik balik besar dalam sejarah Madinah, dan masih dirayakan oleh umat Islam hingga saat ini

Kota ini memiliki sejarah yang kaya dan telah menjadi pusat budaya dan pembelajaran Islam yang penting selama berabad-abad. Itu didirikan oleh nabi Muhammad pada 622 M, dan merupakan ibu kota negara Muslim pertama.

Pada saat ini, ini adalah kota modern dengan ekonomi yang berkembang pesat dan warisan budaya yang kaya.

3. Jeddah

Jeddah adalah sebuah kota di Arab Saudi barat yang terletak di pesisir Laut Merah. Ini adalah kota terbesar di Provinsi Makkah, dan kota terbesar kedua di Arab Saudi setelah ibu kota Riyadh. Jeddah adalah pusat komersial dan budaya yang penting di kawasan ini, yang terkenal dengan ekonominya yang dinamis.

Kita bisa melihat bahwa pelabuhan kota ini besar dan perdagangan yang ada juga banyak.

Ini adalah rumah bagi sejumlah tempat penting, termasuk Jeddah Corniche, Air Mancur Raja Fahd, dan masjid terapung. Ketiganya adalah tempat terkenal bagi Jamaah Indonesia.

Kota ini juga merupakan pintu gerbang utama bagi pengunjung ke kota suci Islam Mekkah dan Madinah, yang letaknya berdekatan.

Jadi, sebagian jamaah akan mendarat di jeddah dan sebagian lagi di Madinah. 

Kemudian, sebagian jamaah akan melakukan wisata juga di jeddah pada saat akan pulang. Biasanya, akan berbelanja dan berkunjung ke tempat yang kami sebutkan. misalnya masjid terapung.

Haramain High Speed Rail

Ini bukan merupakan kota. tetapi jalur kereta api penghubung makkah dan madinah. Haramain High Speed Rail adalah jalur kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan kota Mekkah dan Madinah di Arab Saudi.

Ini adalah salah satu jalur kereta api berkecepatan tinggi terpanjang di dunia, dengan panjang sekitar 450 kilometer . Kereta ini mampu mencapai kecepatan hingga 300 kilometer per jam, menjadikannya salah satu kereta tercepat di dunia.

Jalur kereta itu selesai pada 2018 dan telah beroperasi sejak saat itu. Ini adalah moda transportasi yang populer bagi orang-orang yang bepergian antara dua kota untuk ziarah keagamaan.

Meskipun begitu, belum tentu Anda akan menaiki kereta ini untuk pergi Makkah dari Madinah atau sebaliknya. Semua tergantung rencana perjalanan Anda sebelumnya.

Untuk Jamaah haji dan Umrah Indonesia, biasanya menggunakan bus untuk menuju ke Makkah dari Madinah atau sebaliknya. Bus ini termasuk bus mewah jika dibandingkan bus di Indonesia.

Bus ini juga lebih fleksibel, dan akan menemani perjalanan Anda selama berada di Saudi untuk Haji dan Umrah. Mulai menjemput di bandara, hingga mengantar kembali ke bandara. Dan, bolak balik ke berbagai tempat lainnya, termasuk tempat wisata.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id