Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Rangkaian Ibadah Umrah Secara Singkat

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 09 Desember 2022, 15:09:10

Umrah adalah sebuah ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim di Mekkah, Arab Saudi. Ibadah ini merupakan salah satu dari dua ibadah yang cukup "besar yang dilakukan oleh umat Muslim, yaitu haji dan umrah. Sedangkan haji hanya dilakukan pada bulan Dzulhijah, umrah dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun.

Rangkaian Ibadah Umrah

Untuk Umrah sendiri, rangkaian ibadahnya hanya beberapa jam saja.  Diluar itu, adalah memperbanyak ibadah di masjid Nabawi dan Masjidil Haram yang pahalanya berlipat. 

Untuk Ibadah Umrah, ada beberapa rangkaian secara singkat adalah sebagai berikut.

Rangkaian Ibadah Umrah Secara Singkat

1. Niat

Banyak ibadah yang niatnya dilakukan hanya dalam hati tanpa diucapkan. Namun, Umrah dan Haji tidak begitu. Niat ini juga baru sah jika dilakukan di tempat mengambil niat yang sudah ditentukan. Dan, juga dengan mengenakan Ihram. 

Kemudian, setelah ini, maka ada larangan yang terkait dengan keadaan ber Ihram hingga ibadah Umrah selesai.

2. Tawaf

Tawaf adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Muslim saat melakukan ibadah haji atau umrah. Tawaf adalah suatu ibadah yang dilakukan dengan cara berputar 7 kali mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali.

Tawaf ini merupakan simbol dari kepatuhan dan kecintaan kita kepada Allah. Melakukan tawaf juga merupakan cara untuk memohon ampunan dari Allah atas segala dosa yang telah kita perbuat.

3. Sa'i

Sa'i adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Muslim saat melakukan ibadah haji atau umrah. Sa'i adalah suatu ibadah yang dilakukan dengan cara berjalan kaki antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali.

Tujuan dari ibadah ini adalah untuk mengingat dan meneladani perjuangan Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim, yang telah berjalan kaki antara kedua bukit tersebut untuk mencari air untuk putranya Ismail. Melakukan sa'i juga merupakan cara untuk memohon ampunan dari Allah atas segala dosa yang telah kita perbuat.

4. Memotong rambut

Memotong rambut disunahkan gundul bagi pria namun hanya beberapa helai saja bagi wanita. Setelah memotong rambut, maka ibadah Umrah ini selesai dan larangan dalam keadaan Ihram tidak lagi berlaku.

Kemudian, setelah ibadah Umrah, maka ada beberapa acara di waktu yang bebas. Misalnya saja memperbanyak ibadah di masjidil Haram yang pahalanya berlipat 100 ribu kali.

Juga, di waktu luang, ada banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk berwisata.

Tempat wisata di makkah

Mekkah adalah sebuah kota suci bagi umat Muslim di Arab Saudi. Kota ini merupakan tempat lahirnya Nabi Muhammad saw dan juga merupakan tempat dimana Ka'bah berada. Karena itu, Mekkah adalah tujuan utama bagi umat Muslim yang ingin melakukan ibadah haji atau umrah.

Sebagai kota suci, Mekkah memiliki beberapa tempat wisata yang menjadi tujuan para jamaah haji atau umrah. Beberapa di antaranya adalah Masjidil Haram, Ka'bah, Mina, Arafah, dan Muzdalifah.

Taif

Taif adalah sebuah kota di Arab Saudi yang terletak di pegunungan. Kota ini ada di timur Makkah, jadi, bukan di dalam kota Mekah.

Kota ini terkenal dengan buah-buahan segar dan parfum yang dihasilkan di sana. Taif adalah tempat dimana Nabi SAW berdakwah ketika Beliau justru dilempari batu. Pada saat itu Jibril menawarkan bantuannya untuk menghancurkan penduduk tersebut.

Namun, Nabi SAW tidak mau karena alasan bahwa anak turun mereka mungkin akan beriman. Dan, anak turun mereka memang menjado orang beriman.

Sebagai tempat wisata, Taif juga dikenal sebagai kota yang indah dengan pemandangan pegunungan yang memukau dan udara yang sejuk.

Di kota ini adalah seperti daerah “Puncak” untuk orang di Indonesia. Di Taif ini terdapat vila – vila bagus milik orang kaya Saudi seperti halnya puncak. Dan, juga merupakan tempat berlibur. Termasuk bagi keluarga kerajaan Saudi.

Meskipun cukup jauh dari Makkah, namun tempat ini masih bisa dijangkau cukup mudah untuk berwisata. Dan, hanya perlu waktu kurang lebih setengah hari pulang dan pergi.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id