Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Sedikit Tentang Menara Jam Mekah

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 20 Desember 2022, 14:45:51

Menara Jam Mekah atau Zamzam Tower adalah menara jam tinggi yang terletak di kota Mekkah (juga dikenal sebagai Mekkah), Arab Saudi. Itu dinamai dengan nama sumur Zamzam, yang terletak di dekatnya.

Menara ini adalah bagian dari 7 Menara Hotel Abraj Al Bait dan merupakan menara yang tertinggi.

Sebenarnya, Menara Zam – Zam ini hanya nama semata. Untuk sumur Zam Zam sendiri, letaknya ada di dekat Kabah, buka di dekat Menara ini.
Menara ini sebenarnya adalah hotel, Fairmount Hotel. Dan, memiliki pusat perbelanjaan dan kuliner di lantai bawahnya.

Menara Jam Mekah

Menara Jam Makkah.jpg

Pada jaman dahulu, sebelum covid, ada tempat wudlu yang terletak antara Hotel ini dengan gerbang masjid. Di luar ruangan. Namun, kini tempat wudlu ini tidak ada lagi setelah masjid dibangun akhir – akhir ini.

Menara jam ini adalah landmark utama di Makkah dan terlihat dari banyak bagian kota. Jika kita akan masuk ke al haram Makkah, maka Menara jam ini mungkin sudah terlihat dari kejauhan. Tergantung arah Anda datang.

Menara jam adalah keajaiban arsitektur modern dan berdiri di ketinggian lebih dari 600 meter. Itu dihiasi dengan desain Islami yang rumit dan menampilkan empat tampilan jam raksasa yang menampilkan waktu di berbagai belahan dunia.

Menara Jam Zamzam merupakan objek wisata yang populer dan dikunjungi oleh jutaan orang setiap tahunnya yang datang untuk menunaikan ibadah Umrah dan Haji ke Makkah yang dikenal Musim Haji.

Menara ini merupakan salah satu favorit jamaah Haji dan Umrah untuk berbelanja atau makan. Namun, memang harga makanan atau barangnya sedikit lebih tinggi daripada harga diluar bangunan ini. Disini, banyak juga barang bermerk yang bisa Anda dapatkan.
S

ebagai hotel, biasanya dipergunakan oleh Jamaah haji plus atau Umrah Plus. Jadi, yang memang agak mahal biayanya.

Secara umum, selain orang Indonesia, lebih banyak pengunjungnya berasal dari negara – negara Arab sendiri.
J

adi, memang hotel ini sedikit lebih eksklusif daripada lainnya. Meskipun harganya juga tidak banyak sekali berbeda. Ya, tidak banyak berbeda sebenarnya, namun, biasanya sulit mencari kamar disini. Itu, karena pintu depannya berhadapan dengan gerbang utama Masjidil haram.

Jadi, hanya berjarak beberapa puluh meter saja. Atas dasar hal itu, maka yang ingin menginap sangat banyak dan ramai. Karena itu, biro travel biasanya membooking tempat ini jauh – jauh hari sebelumnya supaya tidak kehabisan kamar.
J

ika Anda tidak menginap di hotel ini, maka Anda akan berbelanja kemari. Barang – barang yang ada termasuk sangat lengkap.

Abraj Al Bait.jpg

Kompleks toko atau pusat perbelanjaannya cukup besar. Juga, meliputi beberapa lantai. Ada beberapa basement dan juga beberapa lantai diatas ground floor atau lantai utama.

Disini juga unik. Kita bisa menemukan tempat aksesoris eksklusif yang tampilannya mirip mall, dan juga lapak seperti toko biasa.

Anda bisa mencari mulai dari camilan, makanan berat, pakaian, jam tangan dan sebagainya. Bahkan, rempah – rempah pun ada yang menjualnya disini.

Untuk lantai basement, lapak yang ada cenderung lebih “merakyat” baik disisi harga atau tampilan yang seperti toko biasa. Bukan tampilan mall seperti 2 atau 3 lantai utama.

Juga ada fasilitas lain yang tersedia, seperti toilet, food court, dan toko. Menara jam adalah bangunan modern dan memiliki banyak fitur dan fasilitas yang diharapkan dapat kita temukan di menara modern yang besar.

Untuk fasilitas yang juga sangat terkenal, adalah Menara pandangnya. Ini terletak diatas Gedung di bagian yang termasuk paling tinggi.
Kita bebas untuk naik kemari,tetapi membayar. Biayanya relatif sebenarnya. Beberapa ratus ribu untuk 1 orang. Jadi, Anda bisa naik jika menginginkannya.

Karena tingginya 600 meter, maka tentu pemandangan kota Makkah bisa terlihat jelas. Yang bagus lagi, Menara ini pemandangannya memutar. Jadi, bisa melihat semua sisi kota dan bukan hanya melihat Kabah dari atas saja.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id