Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Apa itu Umroh dan Bedanya dengan Haji

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 19 Oktober 2022, 15:30:00

Kota suci Mekah adalah kota yang yang terletak di provinsi Hijaz barat Arab Saudi,. Kota ini merupakan lokasi sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

Di tempat inilah Nabi Muhammad SAW menerima kitab suci Al-Qur'an unruk pertama kalinya. Kejadian ini terjadi di Gua Hiro, lokasi pegunungan yang cukup jauh dari lokasi Kabah dan, sekaligus juga cukup jauh dari lokasi rumah Nabi SAW pada saat itu.

Jika Anda beribadah Umroh, maka bisa juga berkunjung ke Gua Hiro. Namun, pastikan bahwa fisik Anda mampu untuk melakukan pendakian sekitar 1 atau 1 ½ jam.

Apa itu ibadah Umroh?

Umrah adalah nama yang diberikan untuk kediatan berziarah ke Mekah. Umroh merupakan versi singkat dari Ibadah haji tahunan. Kata “Umrah” dalam bahasa Arab memiliki arti “mengunjungi tempat berpenduduk”.

Umroh ini merupakan alternatif bagi mereka yang ingin menyegarkan iman, juga untuk menghapus dosa – dosa. Selain itu, juga bisa berdoa di tempat – tempat yang sesuai hadits doa akan lebih maqbul daripada di tempat biasa.

Apa perbedaan utama antara Umrah dan Haji?

Umrah merupakan ibadah sukarela tetapi Haji adalah ibadah yang wajib bagi mereka yang sehat secara fisik dan juga  mampu secara finansial.

Jadi, haji juga merupakan salah satu rukun Islam kelima. Jadi, memang merupakan ibadah wajib bagi umat Islam.

Untuk pelaksanaan atau waktunya, maka ibadah Umrah dapat dilakukan sepanjang tahun.

Tetapi ibadah Haji hanya bisa akita lakukan pada waktu tertentu, antara tanggal 8 dan 13 Dzulhijah, bulan terakhir dalam 12 bulan Islam.

Jadi, Umroh ini adalah memperbaiki iman secara cepat dalam beberapa jam saja. Namun, Ibadah Haji adalah pengalaman spiritual seumur hidup yang bis akita dapatkan dalam beberapa hari.

Mengapa bisa begitu? Mungkin saja, karena beribadah di masjid Nabawi mendapatkan 1000 kali keutamaan. Untuk di masjidil Haram, mendapatkan 100.000 kali pahala.

Jadi, inilah yang mungkin akan terasa lama membekas di dalam hati meskipun sudah bertahun – tahun yang lampau menjalaninya.

Selain itu, Ibadah Haji juga merupakan pertemuan besar umat Isalm. Jumlahnya bisa mencapai lebih dari 3 juta orang dari 188 negara. Suasana yang terbangun sangat berbeda.

Jadi, jika Anda pernah Umroh, maka hampir pasti Anda juga ingin bisa segera berhaji. Karena itulah, sebaiknya banyak berdoa supaya cepat naik Haji pada saat di tanah suci.

Ibadah ini sekarang menjadi trend yang semakin meningkat di Indonesia. Setelah Covid-19, maka jamaah Umroh terlihat meningkat di berbagai Travel dan biro Umroh.

Tentu saja, ini karena sebagian yang batal berangkat dahulu akan berangkat sekarang. Namun, memang minat umat Muslim juga semakin besar. Kemudian, belum lagi mereka yang ingin berangkat Kembali Umroh atau menjalankan Umroh setelah berhaji.

Ada rasa kangen untuk berangkat kembali ke Tanah Suci bagi yang pernah mengunjunginya. Dan, rasa kangen ini berbeda dengan keinginan traveling seperti biasa.

Untuk traveling, kita akan ingin berkunjung ke lokasi lain. Namun, untuk Umroh dan haji, kita ingin Kembali lagi ke tempat yang sama.

Untuk beribadah Umroh, karena tidak terlalu ramai, maka ada kesempatan untuk beribadah di tempat - tempat yang khusus. Misalnya di Hijir Ismail di Kabah dan Raudhoh di madinah.

Tentunya, ini karena antrean akan lebih sedikit dibanding pada saat musim haji. Jadi, 2 tempat tersebut maqbul untuk beribadah sesuai dengan Hadits nabi SAW.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id