Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Kelebihan Umroh Bulan Ramadhan

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 27 Oktober 2022, 13:06:23

Kelebihan ibadah Umroh di bulan Romadhon. Umrah di bulan Ramadan ini adalah memiliki pahala yang dianggap sama dengan pahala Haji. namun yang menjadi catatan wajib adalah ibadah ini tidak bisa menggantikan Haji wajib dengan cara apapun.

Kelebihan Umroh Bulan Ramadhan

Untuk manfaat lain dari umrah di bulan Ramadan adalah peningkatan kebahagiaan, memberikan kepuasan dan berkah. Tentu saja juga menghitung berlipatnya pahala di bulan Romadhon.

Umrah dianggap sebagai Ziarah kecil atau bentuk Haji yang lebih kecil. umrah ini tidak wajib dan dapat kita lakukan kapan saja sepanjang tahun.

Bulan Romadhon adalah bulan dimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala menurunkan surah pertama Alquran kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Pada bulan ini kita sebagai umat Islam juga berpuasa dari fajar hingga petang.

Beribadah Umrah di bulan Romadhon memiliki nilai dan makna religius yang sangat besar.

Ibadah umrah akan kita mulai dengan Ihram. yaitu kita memulai dengan membersihkan diri secara menyeluruh atau mandi secara lengkap. kemudian mengenakan baju Ihram berwarna putih yang tidak dijahit untuk laki-laki.

Untuk wanita gaun bisa dijahit dan warna polos putih. Secara khusus, baju untuk wanita tidak terlalu berbeda dengan yang dipergunakan sebagai hijab sehari-hari.

Namun tentunya yang memenuhi syarat-syarat Syar'i dan tidak mengenakan penutup muka atau cadar. Kemudian, tidak menutup telapak tangan.

Syarat selanjutnya adalah mengucapkan niat dengan keras di tempat yang memang dipergunakan untuk mengambil niat Umrah atau Haji.

Kemudian kita akan memasuki Masjidil Haram dengan kaki kanan dan kemudian melakukan tawaf.

Setelah masuk ke Masjidil Haram maka kita akan melakukan tawaf atau berkeliling Ka'bah 7 Kali. Ibadah ini kita lakukan dengan berjalan berlawanan arah jarum jam.

Ada anjuran untuk mencium Hajar Aswad jika melewatinya. namun tentu saja hal ini tidak bisa kita lakukan pada saat sekarang karena keramaian yang ada.

Sebagai gantinya jamaah akan Melambaikan tangan kepada Hajar Aswad. Ini jamaah lakukan pada saat posisi mereka berada segaris antara lampu penanda di atas masjid di sisi kanan dan Hajar Aswad di sisi kiri.

Lampu inilah yang menjadi penanda bahwa jamaah telah melewati satu putaran.

Setelah tawaf selesai maka diikuti oleh Sa'i. ini adalah perjalanan dari bukit Safa menuju Bukit Marwa sambil membaca doa. jamaah laki-laki juga disunahkan untuk lari-lari kecil di tempat tertentu.

Kemudian untuk mencukur rambut kepala Setelah Sa'i selesai.

Untuk mencukur rambut ini disunahkan untuk memotong rambut seluruhnya bagi laki-laki atau gundul.

Persiapan

Tentu saja sebelum mengunjungi kota Suci Madinah dan Mekkah maka ada beberapa hal yang mesti anda lakukan sebelumnya.

Yang pertama adalah mencari paspor dan visa. Visa ini akan memberikan Anda izin tinggal melampaui waktu Umrah normal anda. Meskipun begitu Tentu saja Anda akan pulang bersama rombongan.

Untuk pemesanan Hotel, penerbangan dan katering akan dipesan oleh biro umroh Anda. Jamaah biasanya hanya tinggal masuk ke hotel dan mendapatkan semua akomodasi termasuk katering dan transportasi.

Untuk ibadah umrah nya, maka biro Umtoh akan menyiapkan Ustadz untuk mendampingi ibadah Anda.

Keberadaan Ustadz ini selain membimbing ibadah juga membimbing kita untuk manajeman ibadah secara keseluruhan. Jadi, bagaimana manajemen supaya bisa mengatur jadwal Umroh dan juga jadwal pribadi dan sebagainya. 

Hal seperti ini sangat membantu terutama bagi yang baru berangkat pertama kalinya. Selain itu, secara umum Anda akan dibimbing untuk bisa beribadah atau berdoa di 2 atau 3 tempat yang mustajab. Misalnya di Raudhoh di Masjid Nabawi dan Hijir Ismail di Masjidil Haram.

Kemudian, di antara Maqom Ibrahim dan Kabah. Maqom Ibrahim adalah tempat Nabi Ibrahim mendirikan tangga untuk membangun Kabah.

Ketiga tempat diatas adalah tempat yang makbul untuk berdoa atau mustajab. dan, banyak yang mengantri supaya bisa sholat atau berdoa di sana.

Memang, untuk Maqom Ibrahim, pada saat ini sudah sulit untuk bisa menunaikan sholat disana. Hal ini karena tempat ini umumnya dilewati orang untuk tawaf. Jadi sudah penuh orang yang lalu lalang.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id