Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Travel Haji Plus Sukoharjo

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 28 Oktober 2022, 13:42:47

Travel Haji Plus Sukoharjo yang terdaftar di Departemen Agama / Depag. Alfatih Tour juga telah memberangkatkan ribuan jamaah Umroh dan banyak Jamaah haji Plus hingga saat ini.

Travel Haji Plus Sukoharjo

Menunaikan ibadah Haji memang memerlukan persiapan. Ada beberapa hari rangkaian ibadah yang terasa padat. dan, setidaknya memerlukan persiapan fisik juga.

Jamaah akan cukup sering berjalan kaki. Kemudian, suhu udara terkadang tidak ramah. Jika musim Haji jatuh pada musim panas, maka akan terasa cukup panas juga. Dan, mudah dehidrasi.

Biasanya, musim yang udaranya enak di Saudi adalah bulan Oktober, November. Juga, Januari akhir hingga awal Maret. Di masa ini, cuacanya cukup sejuk dibanding musim panas. 

Yang berbeda, adalah kelembapan dan mudah membuat bibir pecah - pecah dan kulit berbintik coklat.

Karena itu, sebaiknya kita banyak menggunakan lotion dan juga membawa botol air. Kemudian, botol ini kita isi air zam - zam untuk kita minum setiap saat kita memerlukan.

Kemudian, yang penting, adalah meluruskan niat untuk mencari ridho Allah.

Jika mencari Ridho Allah, maka seandainya adanya gangguan menjadi tidak terasa memberatkan.

Jadi, sebelumnya akan lebih baik jika membiasakan diri minimal berjalan kaki beberapa km sebelum berangkat naik haji. Tentu, hal ini akan membuat stamina lebih terjaga.

Selain itu, kita juga perlu berlatih manasik haji dan mencoba menghafalkan doa dengan kesungguhan.

Ibadah Haji ini adalah ibadah yang tidak semua orang akan berkesempatan untuk menunaikannya. Jadi, jika kesempatan tiba bagi kita, sebaiknya kita berfokus sepenuhnya kesana. Terutama, pada saat waktu rangkaian ibadah Hajinya sudah dimulai.

Jadi, ini adalah undangan dari Allah. Kemudian, tentu kita menyambutnya sepenuh hati dan, bisa kita katakan, melupakan hal lain yang bisa mengganngu ibadah kita. Ya, hanya untuk beberapa hari saja selama rangkaian ibadah Haji berjalan.

Bagi Anda yang mendarat di Kota Madinah, tentunya akan ada waktu sekitar 1 minggu untuk beribadah di masjid Nabawi. Pada waktu ini, kita biasanya masih bisa bersantai dan juga duduk - duduk atau menunggu waktu sholat di masjid.

Di masjid Nabawi, ada 1 tempat yang doa menjadi lebih mustajab. Yaitu di Raudhoh. Tempat ini antara Rumah Nabi SAW dan mimbar Beliau.

Untuk masuk dan beribadah disini, kita perlu antri yang cukup panjang.

Selain itu, kita juga berziarah ke makam Nabi SAW dan beberapa sahabat. Yang terlihat dengan jelas adalah makan Abu Bakar as Shidiq dan juga Sahabat Umar Bin khatab. Keduanya dimakamkan di samping nabi Muhammad SAW.

Untuk makam Sahabat Nabi yang lain, ada di makam Baqi, letaknya di dekat Masjid Nabawi.

Selain itu, kita juga berkunjung ke beberapa tempat yang bersejarah bagi umat Islam. Misalnya di makam sahabat pada saat perang Uhud dan juga Masjid Quba. Masjid yang didirikan Nabi SAW pertama kalinya.

Pada saat menuju Makkah, maka Jamaah akan sekaligus menunaikan Umroh pertama. Jadi, dalam keadaan ber Ihram. Untuk perjalanan akan memakan waktu sekitar 5 atau 6 jam.

Setelah sampai di Makah, jamaah masuk ke Masjidil Haram dengan kaki kanan dan mengucapkan Talbiyah.

Di Masjidil Haram, jamaah akan melaksanakan Tawaf dan Sa'i. kemudian, memotong rambut.

Setelahnya, jamaah akan menunggu tanggal 8 Dzulhijjah untuk menjalankan rangkaian Ibadah haji. 

Jadi, memang waktu untuk Ibadah haji ini hanya sebentar saja. namun, karena manajemen transportasinya, maka Jamaah bisa berada di Saudi hingga 40 hari.

Karena itulah, waktu ini mesti kita manfaatnya sebaik - baiknya.

Misalnya, menjaga sholat 5 waktu di Masjidil Haram. pahalanya adalah 100.000 kali. jadi, jangan sampai tertinggal.

Kemudian, Anda bisa melaksanakan Tawaf. Dikatakan, banyak sekali keutamaan tawaf. Yaitu, seperti memerdekakan budak. Selain itu, masih ada lagi keutamaan lain menurut hadits lainnya.

Bahkan, memandang Kabah juga mendapatkan kebaikan. Karena itulah, sangat penting untuk menjaga fokus kita kepada ibadah ini.

Meskipun begitu, terkadang jamaah juga berkunjung ke beberapa tempat bersejarah bagi umat Islam. Bahkan, terkadang juga berbelanja.

Namun, ini memang hanya untuk tambahan saja. Minimal, selama rangkaian Haji, sebaiknya fokus kita hanya untuk beribadah Haji saja. Dan, membuang hal - hal yang mengganggu ibadah haji kita.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id