Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Biro Haji Plus Sukoharjo Terdaftar Depag

Kategori : Haji, Ditulis pada : 31 Oktober 2022, 17:51:34

Biro Haji Plus Sukoharjo Terdaftar Depag. Haji adalah ibadah yang wajib bagi umat islam setidaknya sekali seumur hidup.Haji juga merupakan salah satu dari rukun Islam yaitu rukun islam yang kelima. Pada saat ini, jutaan umat melakukan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi.

Ibadah Haji adalah ibadah yang selalu dimulai pada bulan Dzulhijjah. Tepatnya pada tanggal 8 dzulhijjah yang akan berlangsung 5 atau 6 hari. Tergantung kepada penampakan bulan. Yang, selanjutnya umat islam merayakan ibadah Qurban.

Biro Haji Plus Sukoharjo Terdaftar Depag

Umat ‚Äč‚ÄčIslam diperintahkan oleh Allah (SWT) untuk menunaikan ibadah haji sebagaimana disampaikan dalam Al-Qur'an| 48:27

Jadi, sementara secara umum Haji adalah rukun Islam yang kelima, namum hanya diwajibkan bagi mereka yang mampu. Ukuran mampu ini adalah mampu secara fisik dan juga ekonomi. Dalam arti, mampu membiayai perjalanan serta keluarga yang ditinggalkan memiliki cukup penghidupan pada saat ditinggalkan.

Ibadah Haji ini hampir 80% merupakan ibadah fisik. Jamaah harus berjalan antara 5 km hingga 15 km dalam satu hari. Karena itulah, mempersiapkan fisik sebelumnya sangat diperlukan. Ibadah haji memerlukan perjalanan diantara beberapa tempat di Makkah. Belum lagi, jika bulan Dzulhijjah terjadi pada musim panas. Hal ini akan membuat tantangan yang lebih besar lagi.

Karena itu, dianjurkan untuk menjalankan Haji semuda mungkin begitu mampu. Hal ini akan membantu memperlancar ibadah Haji.

Haji merupakan sebuah ibadah yang penting dalam agama Islam. Untuk banyak orang, bahkan menjadi ibadah seumur hidup. Meskipun begitu, berhaji lebih dari 1 kali seumur hidup diperbolehkan.

Barangsiapa menunaikan ibadah haji untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT; dan ia tidak mengucapkan perkataan maksiat dan tidak melakukan perbuatan keji, maka ia akan kembali dalam keadaan bersih dari dosa sebagaimana pada hari ketika ibunya melahirkannya.

Pada ibadah Haji ini, terdapat banyak rangkaian ibadah yang masing – masing harus kita jalani dengan kesungguhan dan sesuai tertib yang dipersyaratkan.

Sekilas tentang 18 Langkah Haji:

Persiapan dan Niat

Masuk keadaan Ihram

Melakukan Tawaf

Melakukan Sa’I di Safa dan Marwa

Mencukur rambut ( Umroh berakhir )

Istirahat dan Sholat

Masuk keadaan Ihram

Tiba di Mina

Wukuf di Arafah

Bermalam di Muzdalifah

Lempar Jumroh Aqaba

Mencukur rambut

Tawaf al-Ifadha

Lempar Jumrah

Bermalam di Mina

Lempar Jumrah

Tawaf Wada / perpisahan

Ibagah Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima, ini artinya bahwa orang muslim wajib untuk pergu Haji.

Namun, ibadah Haji ini khusus. Tidak seperti shalat, Sedekah dan Puasa, haji wajib hanya bagi yang mampu saja. Selain itu, Kewajiban ini hanya diwajibkan bagi setiap Muslim hanya sekali seumur hidup mereka selama mereka memenuhi syarat secara fisik, emosional, dan finansial. Meskipun begitu, banyak juga orang Islam yang pergi berhaji lebih dari sekali seumur hidup mereka.

Hingga saat ini, kesempatan untuk menunaikan ibadah haji ini di Indonesia masih terbuka lebar. Namun, untuk Haji regular, maka antrean bisa sangat Panjang. Kini, jika mendaftar pada tahun 2022, maka waktu berangkat diperkirakan akan terjadi pada tahun 2048 keatas.

Melaksanakan ibadah haji ini Bersama dengan 2 juta lebih umat bisa menjadi ujian kesabaran, kesungguhan dan juga keikhlasan niat kita. Kita yang biasanya tidak perlu mengantri untuk mendapatkan sesuatu, mungkin akan menemui hal yang berbeda disini.

Disinilah, jika niat kita lurus, maka ini semua bukanlan tantangan, namun memang merupakan sesuatu yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas iman kita. Dan, akan ringan menjalaninya.

Jadi, faktanya, setiap tahun, jutaan Muslim dari seluruh dunia melakukan perjalanan darat, laut dan udara ke Makkah, Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Sekitar 2-3 juta orang menghadiri haji setiap tahun.

Mereka yang datang dari negara tetangga Saudi bisa datang langsung menggunakan mobil, bahkan sepeda motor. ( Meskipun sepeda motor sangat jarang di Saudi, Anda mungkin hanya melihatnya sekali atau 2 kali seminggu ).

Mempersiapkan haji

Karena Ibadah Haji memang sangat menuntut dalam hal fisik, maka mempersiapkan ibadah ini menjadi sesuatu yang sangat penting.

Anda sebaiknya mempersiapkan fisik Anda beberapa minggu sebelumnya. Misalnya dengan berjalan kaki atau berlari – lari kecil. Berjalan 15 KM akan sesuai dengan perjalanan paling panjang dalam ibadah haji dalam 1 hari.

15 KM tentu jarak yang jauh, tetapi, ini demi menyiapkan semua. Jika fisik mencukupi, maka diharapkan hati akan menjadi jauh lebih senang menjalaninya.

Sealin itu, yang jelas kita perlu meluruskan niat kita hanya untuk mencari ridho Allah semata. Jadi, dengan niat yang benar, maka semua rintangan, jika ada, maka tidak akan terasa menjadi beban.

Selamat mempersiapkan diri untuk beribadah haji dan semoga menjadi Haji yang mabrur.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id