Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Kelebihan Umrah Ramadhan, Pahalanya Setara Haji

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 17 November 2022, 10:56:33

بسم الله الرحمن الرحيم

Kelebihan Umrah dalam bulan Ramadhan adalah seperti Berhaji dengan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ibagah Umrah sendiri sudah kita ketahui keutamaannya. Dan, seperti ibadah lainnya, maka ada amalan yang memiliki keistimewaan jika kita melakukannya pada waktu tertentu, demikian pula umrah.

Untuk ibadah Umrah, maka Umrah di bulan memiliki pahala senilai dengan haji bahkan seperti haji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jadi, jika Anda memang ingin umroh, maka waktu Ramadhan akan sangat baik jika bisa untuk menyisihkan waktu Anda.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya pada seorang wanita,

مَا مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّى مَعَنَا

“Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?”

Wanita itu menjawab, “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya –ditunggangi suami dan anaknya-. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Dalam hadits lain riwayat Muslim disebutkan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً

“Umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Muslim no. 1256)

Kemudian, kelebihan serupa juga disebutkan dalam Hadits Riwayat Bukhari sebagai berikut.

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

“Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari no. 1863).

Mendapat pahala senilai Haji ini adalah pahalanya. Namun, memang Umrah tidak akan pernah menggantikan ibadah Haji. Jadi, bukan berarti Umrah di bulan Ramadhan tadi akan menggugurkan kewajiban Haji, jika orang tadi sudah wajib berhaji.

Untuk ibadah Haji sendiri, tentu memiliki lebih banyak keutamaan. Dan, kita juga bisa melihat bahwa ibadah Haji memerlukan jauh lebih banyak rangkaian ibadah daripada ibadah Umrah.

Ibadah haji juga berlangsung jauh lebih lama, hingga beberapa hari. Karena itulah, tantangannya juga jauh lebih besar. Ibadah Haji adalah salah satu ibadah yang “sulit” dijalankan dalam Islam.

Tentu, karena berkaitan dengan semua hal. Mulai dari persiapan fisik hingga dana yang melampaui ibadah lainnya.

 Meskipun begitu, kita tetap saja harus yakin bahwa, Allah tidak mengundang mereka yang mampu. Tetapi, akan memampukan mereka yang yakin dan percaya. Ini adalah ucapan yang sudah lama terbukti hingga hari ini.

Mereka yang rindu dengan ibadah ini, dan yakin bahwa Allah akan mengundang mereka, akan mendapatkan jalan untuk menjalankan Haji dan Umrah.

Khusus Ibadah Umroh di bulan Ramadhan, kita juga bisa menyaksikan bahwa peminatnya sangat banyak. Masjid Nabawi dan Masjidil Haram biasanya menjadi cukup penuh melampaui hari – hari biasanya.

Bahkan, area sekitar Kabah selalu penuh dengan orang yang melaksanakan Tawaf. Jadi, agak sulit juga untuk sholat sunah di pelataran kabah kecuali agak mundur kebelakang dibanding hari biasa.

Ibadah Umrah ini adalah ibadah yang biasanya menjadi alternatif selama menunggu antrean berangkat Haji yang cukup Panjang. Pada saat ini, hingga lebih dari 20 tahun untuk haji regular.

Namun begitu, kami juga menyediakan paket Haji Plus yang hanya perlu menunggu 7 hingga 9 tahun saja. Untuk detailnya, silahkan menghubungi kami secara langsung.

Semoga Allah memudahkan kita untuk terus beramal sholih dan juga memudahkan kita untuk melaksanakan Umrah maupun Haji ke Baitullah dan mabrur.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id