Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Gambaran Singkat Tentang Tawaf

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 23 November 2022, 12:11:34

Setiap kali Anda pergi Makkah, ke Kabah untuk menunaikan haji besar atau kecil, maka Anda akan melakukan Tawaf. Jadi, ap aitu Tawaf dan mengapa itu selalu kita lakukan?

Jadi, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk mempelajari apa sebenarnya Tawaf tersebut. Mengapa Tawaf diperlukan pada saat haji dan Umrah. Juga, tentang jenis Tawaf. Dan, apakah ada perbedaan pada ketentuan pelaksanaan tergantung pada jenisnya.

Kemudian, juga tentang bagaimana cara kerjanya, dan banyak lagi. Dalam panduan ini, kami akan memberi tahu Anda beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Tawaf. Mari kita mulai dengan apa itu Tawaf:

Apa Artinya Tawaf?

Kara 'Tawaf' isi asalnya adalah dari kata kerja bahasa Arab 'Taafa', yang memiliki arti 'mengelilingi sesuatu' atau 'berjalan mengelilingi sesuatu'. Dalam konteks Ibadah, maka kata Tawaf mengacu pada berkeliling atau mengelilingi Ka'bah tujuh kali berlawanan arah jarum jam sebagai bagian dari Umrah atau Haji.

Perjalanan ini  dimulai dari Hajr-al-Aswad (batu hitam) hingga berputar dan melewati Hajar Aswad Kembali. Tawaf merupakan salah satu kewajiban terpenting dari haji dan umrah, tanpanya haji besar dan kecil tidak akan lengkap. Saat melakukan Tawaf, jamaah membaca takbir dan berbagai doa lainnya berdasarkan sunnah Nabi SAW

Mengapa Tawaf Penting?

saat umrah dan haji umat muslim melakukan tawaf di sekitar ka'bah Tawaf bukan hanya sekedar praktik ibadah tetapi juga tindakan pengabdian yang mendekatkan jamaah kepada Allah. Tawaf ini menunjukkan kesatuan umat dan yang berkunjung ke rumah-Nya dari seluruh dunia.

Seperti disebutkan sebelumnya, tidak ada Umrah atau Haji yang lengkap tanpa melakukan Tawaf. Penting untuk dicatat di sini bahwa mengelilingi Ka'bah tidak berarti umat Islam menyembah Ka'bah. Sebaliknya, mereka menyembah yang memiliki Ka'bah, yaitu Allah.

Al-Bayt Al-Ma'mur: Anda akan tertarik untuk mengetahui bahwa peziarah melakukan Tawaf bersama-sama dengan malaikat yang mengelilingi Al-Baytul Ma'mur atau Kabah penduduk langit sepanjang waktu. Ini berarti bahwa para malaikat melakukan Tawaf di sekitar Al-Bayt Al-Ma'mur untuk menyembah Allah seperti halnya umat Islam melakukan Tawaf di sekitar Ka'bah di Masjidil-Haram.

Seperti yang mungkin telah Anda amati, Tawaf di sekitar Ka'bah bis akita lakukan 24 jam mirip dengan bagaimana para malaikat melakukan Tawaf mereka di sekitar Al-Baytul Ma'mur sepanjang waktu. Ka'bah adalah cerminan dari sucinya Al-Baytul Ma'mur.

Tindakan Tawaf juga merupakan cerminan dari gerakan mengorbit benda-benda langit di alam semesta ini. Anda mungkin sudah tahu bahwa bulan berputar mengelilingi bumi, menyelesaikan revolusi dalam sebulan, sedangkan bumi berputar mengelilingi matahari, menyelesaikan revolusi dalam setahun.

Menariknya, gerakan melingkar ini jauh melampaui tata surya kita. Dari atom terkecil hingga galaksi terbesar, segala sesuatu di alam semesta ini ditemukan berputar mengelilingi titik pusat.

Menurut penelitian ilmiah, elektron di dalam atom tertentu mengorbit nukleus atau intinya dengan arah berlawanan arah jarum jam. Hebatnya, beberapa atom sangat kecil sehingga Anda bahkan tidak dapat melihatnya melalui mikroskop. Karena segala sesuatu terdiri dari atom, setiap ciptaan berada dalam gerakan orbit konstan di sekitar titik pusat, sesuai kehendak Allah.

Ini adalah hukum kosmik alam semesta yang tidak berubah. Allah tidak hanya telah menciptakan seluruh alam semesta, tetapi Dia juga telah mengatur seluruh sistem ini.

Tindakan Tawaf merupakan cerminan dari hukum kosmik ini, dengan Ka'bah Suci sebagai pusat spiritual dunia. Baitullah seharusnya menjadi poros spiritual di mana kompas seorang Muslim berputar.

Allah Ta'ala sendiri menganggap Ka'bah sebagai Rumah Suci, berfungsi sebagai simbol perjumpaan manusia dengan Yang Mahatinggi. Sama seperti semua materi di alam semesta ini tetap dalam gerakan melingkar konstan di sekitar pusat, Tawaf adalah praktik terus menerus selama 24 jam yang tidak berhenti kecuali untuk shalat wajib lima waktu.

Kenapa Umat Islam Melakukan Tawaf 7 Kali?

Tawaf adalah ibadah dan apapun jenis ibadah yang kita lakukan, kita tidak bertanya mengapa harus kita lakukan dengan cara tertentu. Jadi, kit melakukannya karena merupakan perintah Allah dengan cara yang ditentukan dan diajarkan oleh Nabi saw.

Kami percaya bahwa Allah Ta'ala memiliki kebijaksanaan yang tak terbatas, itulah sebabnya Dia tidak pernah memerintahkan sesuatu yang tidak bijaksana, tetapi kita tidak perlu mengetahui ilmu di balik setiap perintah.

Untuk amalan tertentu, Allah Ta'ala telah menyingkapkan penyebabnya. Namun, untuk amalan yang lain, mungkin belum pada saat ini. Dan kita diharapkan untuk mematuhi setiap perintah, tanpa masuk ke akarnya. Misalnya, wajib shalat lima waktu dan berpuasa selama 30 hari selama bulan Ramadhan. Mengapa kita perlu melakukannya tidaklah penting.

Jika sekarang ilmu pengetahuan sudah mengetahuinya, maka itu adalah bukti bahwa perintah ini adalah keajaiban. Keajaiban perintah Allah ini memang semakin lama semakin kita temukan. Misalnya, alasan berpuasa dan Kesehatan.

Untuk alasan, mengapa 7 putaran, kita belu mengetahuinya. Jadi, sebatas bahwa perintah arah Tawaf sama dengan arah atom mengelilingi inti berlawanan arah jarum jam.

Apa Perbedaan Antara Tawaf dan Tawaf Al-Qudum?

Sementara kita akan membahas lima jenis Tawaf nanti dalam panduan ini, mari kita bahas perbedaan mendasar antara Tawaf Al-Qudum dan jenis Tawaf lainnya. Perlu diingat bahwa prosedur untuk melakukan semua jenis Tawaf tetap sama. Satu-satunya aspek yang membedakan adalah niat atau niyat yang Anda lakukan sebelum melakukan Tawaf.

Tawaf Al-Qudum mengacu pada Tawaf awal yang dilakukan oleh jamaah segera setelah mereka memasuki Masjid Al-Haram dengan niat khusus untuk melakukan Haji Al-Ifrad atau Haji Al-Qiran. Jamaah harus dalam keadaan Ihram ketika melakukan Tawaf ini. Sesuai Sunnah Nabi, jamaah laki-laki harus mengamati Idtiba dan Raml saat melakukan Tawaf.

Bagaimana Cara Melakukan Tawaf?

Metode untuk melakukan berbagai jenis Tawaf tetap sama. Kami akan membawa Anda melalui langkah-langkah untuk melakukan Tawaf, seperti yang ditentukan oleh Nabi saw:

Sebelum menuju ke Masjid Al-Haram, pastikan untuk berwudhu, termasuk wudhu dan membersihkan diri dari semua kotoran besar dan kecil.

Baik pria maupun wanita harus memastikan bahwa bagian tubuh pribadi mereka tertutup. Untuk pria, ini berarti bagian tubuh antara pusar dan lutut, sedangkan wanita harus menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Kemudian, menggunakan Ihram dan sesuai dengan tata caranya. Selanjutnya, Apakah Anda berniat untuk melakukan Umrah atau Haji, Anda akan melakukan Tawaf tepat setelah memasuki Masjid-Al Haram.

Semua jamaah memulai dan mengakhiri Tawaf mereka di Hajr Al-Aswad (batu hitam). Berdirilah menghadap Ka'bah dengan batu hitam di sebelah kanan dan niatkan tawaf semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah.

Jika memungkinkan, ciumlah hajar aswad. Namun jika Anda tidak dapat mendekatinya karena kerumunan, maka berdirilah menghadap batu hitam, di mana saja di garis Tawaf dan lampu hijau di lantai atas masjid di seberangnya. Dan beri isyarat ke arah batu dengan tangan kanan satu kali. Saat melakukan ini, ucapkan 'Bismillahi Wallahu Akbar' dan mulailah lingkaran pertama Anda berlawanan arah jarum jam.

Pria harus melakukan Idtiba dan Raml. Idtiba adalah praktik menjaga bahu kanan tidak tertutup selama Tawaf. Anda akan mengenakan pakaian ihram, jadi lewati pakaian ihram bagian atas dari bawah ketiak kanan Anda, biarkan tangan dari bahu kiri Anda. Raml, di sisi lain, adalah tindakan berjalan cepat (untuk laki-laki) selama tiga putaran pertama. Namun, karena ramai, kini sulit untuk kita kerjakan.

Sementara Anda harus menyelesaikan Tawaf secara terus menerus, Anda harus bergabung dengan sholat berjamaah ketika dimulai, dan melanjutkan Tawaf Anda setelah sholat. Anda dapat melanjutkan dari tempat Anda pergi; tidak perlu memulai putaran dari awal lagi.

Satu putaran selesai ketika Anda kembali ke Hajr Al-Aswad. Setiap kali Anda mencapai Hajar Aswad, lakukan Istilam atau isyarat ke arahnya. Saat kembali ke batu setelah menyelesaikan tujuh putaran, Anda akan melakukan gerakan kedelapan kalinya.

Setelah menyelesaikan Tawaf, tinggalkan negara bagian Idtiba dengan menutupi bahu kanan Anda dengan pakaian ihram Anda.

Setelah menyelesaikan Tawaf Anda, silahkan menuju ke Maqam Ibrahim untuk Sholat dua rakaat Salah al-Tawaf. Namun karena tempatnya berada di dalam Mataf (daerah tempat tawaf dilakukan), mungkin terlalu ramai untuk melakukan salat di sana. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan Sholat al-Tawaf di manapun di Masjid Al-Haram.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id