Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Tempat Wisata di Makkah yang Biasa Dikunjungi Jamaah Haji dan Umrah

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 24 November 2022, 14:39:49

Jika kita melakukan umrah dengan manasik lengkap, maka biasanya hanya memakan waktu beberapa jam saja. Jadi, kita biasanya juga memiliki banyak waktu untuk kita habiskan di kota suci Mekkah.

Meskipun disarankan untuk memperbanyak beribadah di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram yang pahalanya berlipat ganda, namun tetap ada waktu yang bisa kita gunakan untuk berwisata.

Anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yang sangat indah. Selain indah, tempat – tempat ini juga tenang, aman dan letaknya relatif dengan dengan kedua masjid utama tersebut.

Tempat Wisata di Makkah

Tempat Terbaik untuk Dikunjungi Selama Umrah Di Makkah

Untuk kota Makkah, sebenarnya banyak tempat yang sangat layak kita kunjungi. Bahkan, ada juga tempat wisata seperti kota pegunungan Thaif yang juga layak kita kunjungi.

Meskipun, tampaknya perlu ijin khusus dan biaya tambahan. Namun, dari sekian banyak pilihan, maka terdapat 12 titik atraksi teratas yang harus dilihat.

Daftar tempat - tempat di Makkah untuk Jamaah Umrah dan Haji

  1. Masjidil Haram

Masjid Al Haram adalah masjid yang harus kita kunjungi. Jadi, bukan tempat wisata juga. Meskipun beribadah disini sangat terasa tenang.

Ibadah umrah dan Haji perlu untuk melakukan rangkaian ibadah disini. Bahkan, jemaah memulai perjalanan umrah dari sini.

Salah satu hal utama adalah melaksanakan tawaf atau mengelilingi Kabah 7 kali. Kemudian, juga melaksanakan Sa’I yang letaknya masih di kompleks Masjidil Haram.

  1. Jabal al-Nur

Juga dikenal sebagai 'Bukit Penerang' atau 'Gunung Cahaya', Jabal al-Nour terkenal dengan sebuah gua bernama Gua Hira. Kita semua mengenal bukit ini sebagai tempat turunya wahyu pertama kali.

Jadi, ini adalah tempat di mana Ayat - ayat Allah pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Jadi, ini merupakan tempat yang juga sangat bagus kita kunjungi.

Meskipun begitu, Gua hira terletak di atas gunung Jabal Nur. Jadi, kunjungan ke Gua Hira hanya untuk mereka yang sehat dan sanggup naik jalan pegunungan yang curam dan panjang saja.

Tetapi, begitu sampai di atas, maka kita bisa melihat pemandangan kota Makkah dibawah dan Menara Jam Makkah di Kejauhan. Juga, bisa melihat jalan raya besar yang membelah kota ini. Jika kita berkunjung saat hari gelap, maka pemandangan lampu kota dan kendaraan dibawah akan terlihat sangat indah dari sekitar Gua Hira.

  1. Gunung Arafat

Ini adalah tempat untuk menunaikan ibadah wukuf di Arafah. Jabal Rahmah adalah tempat bertemunya Nabi Adam dengan Siti Hawa setelah diturunkan ke bumi. Gunung ini, tidak tinggi. Tetapi, tetap memberikan pemandangan menakjubkan tanah atau padang arafah yang luas disekitarnya.

  1. Masjid Aisha, juga disebut Masjid e Taneem

Masjid terbesar kedua di Makkah, Masjid-e-Aisha (juga disebut Masjid e Taneem) adalah salah satu bangunan tertua di kota, yang menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi selama ziarah Umrah. letaknya juga dekat dengan Ka'bah. Di sini, jemaah bisa berniat umrah dengan Ihram.

  1. Maktaba Makkah-al-Mukarramah

Tempat kelahiran Nabi Muhammad, Maktaba Makkah-al-Mukarramah terletak di She'eb Banu Hashim di Makkah. Dulunya merupakan gunung, tempat ini telah diubah menjadi perpustakaan nasional. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat terkenal untuk dikunjungi di Mekkah.

  1. Kota Mina

Juga dikenal sebagai 'Kota Tenda', Kota Mina menawarkan akomodasi sementara bagi jemaah haji di tenda-tenda ber-AC. Tenda – tenda ini berdiri sepanjang tahun. Jadi, meski diluar musim Haji, bisa tetap kita lihat.

Untuk tempatnya terletak di dekat Masjidil Haram, sehingga dapat dengan mudah dikunjungi selama perjalanan suci Umrah.

Sebenarnya, ada juga pilihan untuk berkunjung ke beberapa pusat perbelanjaan. Misalnya yang terletak di sekitar kompleks hotel. Atau, bahkan di basement hotel - hotel tersebut.

Namun, tentu semua adalah pilihan Anda. Yang jelas, berwisata tentu merupakan selingan. Tentunya tanpa melupakan tujuan utama kita untuk beribadah.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id