Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Tips Berbelanja di Arab Saudi

Kategori : Tips, Ditulis pada : 25 November 2022, 12:39:20

Menjalankan ibadah Umrah atau Haji memang memerlukan niat yang tulus dan juga fokus untuk bisa beribadah dengan baik.

Belum lagi, beribadah di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram akan mendapatkan pahala yang berlipat. Untuk Masjid Nabawi hingga 1000 kali dan di Masjidil Haram hingga 100.000 kali. Jadi, memperbanyak ibadah di kedua masjid ini harus menjadi prioritas.

Ini adalah kesempatan melipatgandakan nilai ibadah yang langka. Terutama bagi mereka yang jauh dari kedua tempat ini.

Namun, meskipun memperbanyak ibadah, kita tetap akan berkesempatan untuk berwisata dan berbelanja juga. Sebenarnya, banyak tempat berbelanja di sekitar hotel yang sangat menarik.

Tips Berbelanja di Arab Saudi

Tempat ini bisa berada di pasar khusus atau bahkan di mall atau pusat belanja di sekitar hotel.

Di Madinah misalnya, di area basement hotel – hotel tertentu terdapat pusat perbelanjaan. Dan, tempatnya cukup luas. Yang agak kurang, barangkali disini agak jarang makanan. Namun, alat Sholat dan pakaian sangat banyak. Juga, aksesoris atau hiasan meja dan semacamnya.

Termasuk juga, peralatan elektronik.

Bahkan, kita bisa mendapatkan perhiasan emas. Jadi, tergantung kepada Anda apa yang ingin Anda beli.

Tetapi, tentu kita tidak akan membeli tanpa perhitungan. Salah satu maasalahnya adalah, karena bagasi bisa overload. Jadi, akan membayar kelebihan bagasi juga.

Pada waktu yang lalu, banyak juga Jamaah Haji yang membeli oleh – oleh dan mengirimkan ke rumah melalui jasa pengiriman. Jadi, tidak lagi takut bagasi overload.

Namun, untuk Jamaah Umrah, terkadang hal ini kurang praktis. Alasannya terutama karena waktu di Makkah dan Madinah cukup singkat. Jadi, sebaiknya membatasi apa yang bisa kita beli.

Tips Berbelanja di Arab Saudi Untuk Jamaah Umrah dan Haji

1. Membeli barang tahan lama

Untuk barang yang kita beli, sebaiknya adalah barang yang tahan lama. Misalnya, kacang Arab, cokelat Al Hadi, kacang pistascio,  cokelat batu, Madu Khasmir, Malban (nougat Lebanon), kismis, kacang almond, serta buah tin.

Oleh oleh ini setidaknya akan ada di tangan kita beberapa hari. Kemudian, akan menunggu mungkin 1 atau 2 hari sebelum kita antar ke orang yang kita beri oleh – oleh. Jadi, makanan seperti coklat atau kacang almond memang akan bertahan cukup lama.

2. Membuat Daftar Belanja

Nah, supaya belanja kita bisa teratur, dan dana juga tidak bengkak, maka sebaiknya membuat daftar belanja.

Jadi, Anda bisa mencatat apa yang Anda ingin beli sebelum berangkat ke Baitullah atau setelah berada di sana.

Jika Anda memiliki saudara atau teman yang baru saja pulang dari Tanah suci, maka Anda bisa bertanya kepada mereka. Tentunya info yang ada akan update. Termasuk, harga – harga barang disana.

Sebagai gambaran, untuk harga, memang cenderung lebih mahal. Namun, tidak banyak. Anda bisa membandingkan dengan harga barang di kota seperti Jakarta atau Surabaya.

3. Berpenampilan biasa

Sebaiknya penampilan Anda tidak mencolok. Atau, cukup sederhana saja. Jadi, para pedagang juga tidak berfikir bahwa Anda mampu membayar banyak meskipun Anda juga mampu. Jadi, Anda bisa mendapat harga yang lebih bersaing.

4. Batasi Budget

Selain membatasi jenis dan banyaknya barang, maka perlu juga membatasi budget. Jika tidak, tentu saja yang terlihat akan ta,pil menarik untuk kita beli. Yang jelas, tetap pada pilihan barang yang bermanfaat untuk kita atau orang yang akan kita beri sebagai oleh – oleh.

5. Menggunakan uang Riyal

Secara umum, uang yang berlaku adalah uang Riyal. Meskipun, beberapa pedagang menerima uang Rupiah juga. Bahkan, beberapa pedagang juga berbahasa Indonesia dengan cukup lancar. Namun, tetap saja, uang Riyal adalah mata uang resmi di Saudi.

6. Belajar sedikit Bahas Arab

Minimal, tentang angka 50 Riyal, 100 Riyal, 1 Riyal dan sebagainya. Juga beberapa hal lain yang bias akita ucapkan. Jadi, ada banyak pedagang yang kurang tahu Bahasa Inggris dan Indonesia. Meskipun, selalu ada yang bisa berbahasa Indonesia dengan lancar baik pedagang hingga sopir taksi. Namun, mengerti sedikit Bahas Arab juga tidak akan rugi.

Jadi, itulah beberapa tips berbelanja di Arab Saudi, semoga bermanfaat dan semoga Haji dan Umrah Anda diterima Allah dan mabrur.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id