Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Berawal dari Niat, InsyaAllah terwujud segalanya

Manfaat dan Pahala Melakukan Umrah di Bulan Ramadhan

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 25 November 2022, 15:08:12

Manfaat dan pahala melakukan umrah di bulan Ramadhan. Umrah adalah ibadah yang kita lakukan di Masjidil Haram di Makkah. Rangkaian ibadah ini kita jalani di sekitar Baitullah dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah (SWT).

Manfaat dan pahala melakukan umrah di bulan Ramadhan

Ramadhan, di sisi lainnya adalah dianggap bulan paling suci bagi umat Islam. Wahyu pertama Al Quran turun di bulan ini. Di bulan ini jugalah pahala ibadah kita juga berlipat.

Sekarang, jika kita menggabungkan Umrah di bulan Ramadhan, maka pahalanya akan setara dengan naik Haji Bersama dengan Nabi SAW.

Meskipun, besarnya pahala ini tidak akan menggugurkan kewajiban untuk menjalankan Ibadah Haji. Dan, hampir semua jamaah Umrah, yang belum berhaji akan ingin berangkat Haji.

Namun, tentunya berkah ini memberikan pengruh besar di dalam hati kita. Kekhusyukan Umrah di Bulan Ramadhan akan terasa berbeda jika kita bandingkan di bulan - bulan biasa.

Apa Tujuan Umroh?

Ibadah Umrah, seperti halnya ibadah lainnya, bertujuan untuk mendapatkan ridha Allah. Meskipun ibadah ini terhitung sunah, ( bagi Sebagian besar Mazhab tidak wajib ), tetapi dampak yang diberikan sangat besar.

Bagi mereka yang pernah menjalaninya, Sebagian besar akan merasakan perubahan yang lebih baik. Mulai dari kehidupan yang lebih tenang hingga berbagai kebaikan lainnya.

Untuk saat ini, melaksanakan Umrah bisa kita anggap sebagai perjalanan untuk menunggu waktu Haji. Tentu saja, si Indonesia waktu tunggu haji sangatlah Panjang. Faktanya, mencapai lebih dari 20 tahun di hampir semua daerah.

Belum lagi, dengan jamaah haji yang tertunda karena Covid-19 akan memundurkan jadwal lainnya.

Apakah Umrah Sama Dengan Ketika Dilakukan di Bulan Ramadhan?

Pahala Umrah di Bulan Ramadhan sangat banyak. Bahkan setara ibadah haji Bersama Nabi SAW. Jadi, waktu Ramadhan memang merupakan waktu favorit untuk menjalankan Umrah. Karena itulah, kepadatan jamaah di waktu ini juga sangat banyak, melampaui hari biasa.

Untuk paket Umrah Ramadhan, tersedia paket awal dan akhir Ramadhan dari kami. Ini adalah paket yang bisa Anda pilih untuk memanfaatkan waktu Ramadhan dengan lebih optimal.

Jadi, Apa Bulan Terbaik untuk Melakukan Umrah?

Tentu saja, tanpa ragu jawabannya adalah Umrah di bulan Ramadhan. Ini karena pahalanya yang sangat besar. Meskipun begitu, melakukan Umrah di bulan biasa juga sangat bagus. Ibadah umrah hampir pasti akan membawa perubahan yang lebih baik bagi yang menjalaninya.

Dan, Anda harus merasakan sendiri untuk mengetahui perbedaannya.

Bisakah Umroh Dilakukan Dalam Satu Hari?

Sesuai dengan syariat, menjalankan ibadah Umrah bis akita lakukan dalam 1 hari. Meskipun Anda berangkat dari Madinah dalam keadaan ber Ihram, namun secara normal akan selesai pada hari yang sama. Atau, setidaknya kurang dari 10 jam. Mungkin sedikit lebih lama di Bulan Ramadhan, tetapi, di bulan lainnya tidak terlalu lama.

Ini adalah sudah termasuk perjalanan darat dari Madinah ke Makkah. Kemudian menjalankan Tawaf, Sa’I dan memotong rambut. Secara umum, Tawaf, Sa’I dan memotong rambut ini bahkan jauh lebih singkat lagi. Karena, tempat untuk Tawaf dan Sa’I juga berdekatan.

Hal ini berbeda dengan Ibadah Haji yang jarak antar lokasi lumayan jauh. Kalaupun dekat, kemacetan yang ada akan membuat semua berjalan jauh lebih lama. Namun, bagaimanapun, umrah Anda biasanya selesai dalam sehari.

Jadi, itulah tentang manfaat dan pahala melakukan umrah di bulan Ramadhan. Semoga kita semua dimudahkan untuk menjalankan ibadah Haji dan mabrur dan juga menjalankan Umrah yang diterima oleh Allah SWT.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id